Cara Mudah Rakit PC Gaming

Cara Mudah Rakit PC Gaming

Banyak orang bermimpi merakit PC mereka sendiri, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana. Kingston akan membantu Anda mendapatkan awal yang baik dengan membahas komponen yang diperlukan dan dasar perakitan, sehingga Anda dapat menjadi yakin dalam upaya Anda mencari peralatan terpersonalisasi terbaik.

Ketika merakit PC, anggaran sering menjadi perhatian utama. Merakit komputer khusus yang sempurna untuk kebutuhan Anda dapat menjadi lebih murah dibandingkan membelinya di toko dalam keadaan siap pakai. Namun, hal itu sering bergantung pada pencarian barang murah dan memilih hanya komponen yang diperlukan untuk rakitan Anda. Jika Anda sedang merakit workstation untuk bisnis penyuntingan video, Anda mungkin bisa mengabaikan sistem pencahayaan RGB dan pendinginan cair.

Pertimbangan penting lainnya adalah ukuran. Kotak komputer Anda harus cukup besar untuk memuat semua komponen Anda dengan aman. Bagaimana Anda akan mengorganisasikannya? Dengan PSU yang dipasang di atas atau di bawah? Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. PSU yang dipasang di bagian bawah memberikan stabilitas pada kotak komputer Anda karena titik berat yang lebih rendah. PSU yang dipasang di belakang memberikan lebih banyak opsi pendinginan.

Lebih murahkah biayanya jika merakit PC Anda sendiri?

Saat memutuskan ukuran kotak komputer, Anda juga perlu memikirkan tentang motherboard Anda. Beberapa CPU hanya cocok dengan motherboard tertentu. Sering kali lebih baik memilih CPU yang ingin Anda gunakan di tahap penentuan anggaran, sebelum memutuskan tentang motherboard dan kotak komputer. Anda kemungkinan besar akan menginginkan prosesor dengan harga terbaik, terutama berkaitan dengan:

  • Core
  • Kecepatan prosesor
  • Hyper-threading/Multithreading

Anda juga akan perlu mempertimbangkan opsi RAM Anda. DDR4 lebih murah, tetapi lebih mengonsumsi daya listrik dan memiliki kecepatan clock yang lebih rendah. DDR5 lebih mahal, tetapi akan tetap efektif di masa depan dan sering berkinerja lebih baik. Sekali lagi, pilihan CPU dan motherboard Anda mungkin berpengaruh pada keputusan Anda, karena tidak semua RAM kompatibel dengan setiap motherboard atau prosesor. Jika memungkinkan, beli memori secara berpasangan, sehingga Anda mendapatkan manfaat menjalankan mode kanal ganda untuk kinerja yang lebih baik.

Unsur pengambilan keputusan Anda berikutnya adalah penyimpanan. Apakah Anda akan memilih HDD, yang mungkin murah tetapi bersuara bising dan mengonsumsi banyak daya? Atau SSD, yang lebih cepat dan makin terjangkau?

Rakit PC gaming Anda sendiri

Rakitan PC berpendingin cairan dengan memori Kingston FURY Beast

Ada juga opsi terkait GPU Anda. Beberapa prosesor dilengkapi dengan GPU terintegrasi yang menawarkan keunggulan dibandingkan kartu grafis khusus. Misalnya, prosesor seperti itu membutuhkan lebih sedikit daya, lebih sedikit menimbulkan masalah kompatibilitas, serta sering lebih mudah ditangani dan lebih murah. Namun, GPU khusus sering kali lebih kuat dan menawarkan lebih banyak port (misalnya, jika Anda merakit pengaturan dengan banyak monitor), meskipun GPU khusus ini memerlukan pengeluaran lebih besar.

Jika Anda sedang merakit PC gaming, atau untuk kepentingan kerja dalam pengeditan video atau CAD, kemungkinan besar GPU khusus akan menyediakan tenaga ekstra yang dibutuhkan Anda. Namun, pastikan bahwa motherboard yang sudah Anda putuskan memiliki ruang untuk GPU. Untuk kartu grafis, AMD dan NVIDIA® adalah yang terdepan, dan preferensi Anda mungkin ditentukan oleh game yang ingin Anda mainkan. Beberapa game dirancang secara khusus untuk bekerja dengan alat perangkat lunak yang dibuat oleh masing-masing merek kartu grafis itu.

Kita telah membahas mengenai komponen yang haus daya di beberapa titik. Berbagai komponen itu memperoleh dayanya dari PSU (unit catu daya). Menyeimbangkan PSU Anda dengan kebutuhan watt daya dari rakitan Anda adalah hal yang penting. Cara yang baik untuk memastikan bahwa PSU Anda cocok dengan keperluan sistem Anda adalah dengan menggunakan alat kalkulator, seperti Kalkulator Catu Daya Outervision. (Catatan: memiliki PSU yang lebih besar tidak selalu berarti lebih banyak panas atau daya yang terbuang - itu hanya berarti bahwa PSU mampu memberikan lebih banyak daya ke sistem. Sistem hanya akan menarik apa yang dibutuhkannya)

Berbicara tentang sistem pendinginan, banyak komponen akan menyertakan langkah manajemen panasnya sendiri. Namun, jika Anda sedang merakit komputer berkinerja tinggi, atau komposisi kotak komputer Anda dapat memperoleh manfaat dari pengurangan panas tambahan, maka ada beberapa opsi yang dapat Anda pasang sendiri. Pendinginan udara adalah opsi murah dan serbaguna, tetapi bersuara bising. Ada kipas beraliran udara tinggi yang baik untuk mengedarkan udara ke seluruh kotak komputer, dan juga kipas tekanan statis, yang cocok untuk fokus pada komponen tertentu atau jika ada elemen yang menghalangi sirkulasi udara ke seluruh kotak komputer.

Rakit kotak PC Anda sendiri

Ketika Anda telah mengumpulkan komponen yang diperlukan dan siap untuk memulai perakitan, penting untuk melanjutkannya dengan tepat. Hamparkan komponen dan kotak Anda. Pastikan kemasan produk dan peralatan yang diperlukan ada di dekat Anda. Keperluan yang umum adalah:

  • Obeng Phillips
  • Sikat
  • Tang lancip

Lakukan perakitan pada permukaan luas dan datar yang tidak terkena listrik statis: Anda tentu tidak mau komponen Anda terbakar sebelum dipasang. Hal yang juga bijak adalah mengenakan gelang anti listrik statis. Hati-hati saat merakit! Banyak komponen dalam perakitan PC yang memiliki tepi yang tajam dan dapat melukai Anda dengan mudah.

Ada beberapa pendapat berbeda mengenai langkah awal perakitan PC. Sebagian orang memasang PSU terlebih dahulu, sementara yang lain mendahulukan motherboard. Kami menganjurkan memasang PSU terlebih dahulu karena PSU sering lebih sulit dipasang apabila komponen lain sudah terpasang di dalam kotak. Pastikan PSU sudah diatur untuk voltase yang tepat (atau gunakan jenis PSU lebih baru yang dapat menyesuaikan voltase secara independen) dan kipas sudah diposisikan dengan benar, kemudian sekrupkan PSU ke tempatnya. Pastikan kabel berada di luar kotak, sehingga tidak menghalangi komponen lain yang akan dimasukkan selanjutnya.

article gaming how to build a pc section1

Merakit motherboard PC

Saat merakit komponen di atas motherboard, lebih baik melakukannya di luar kotak komputer daripada di dalam kotak yang ruangnya terbatas. CPU terkadang dapat menjadi sulit dipasang. Namun, banyak CPU yang dilengkapi dengan indikator seperti panah pada permukaannya untuk menunjukkan posisi pemasangan yang tepat. Kami menganjurkan pemasangan sistem pendinginan pada saat bersamaan dengan CPU. Prosesor memanas dengan cepat: menjalankan CPU ‘untuk mengujinya' tanpa menyiapkan sistem pendinginan dapat menjadi bencana.

Komponen selanjutnya yang dipasang seharusnya adalah memori gaming Anda. Jangan pernah memegang RAM pada sisi tembaganya: Anda dapat merusaknya. Mulailah dengan slot motherboard bertanda DIMM 1 atau Bank 0, buka klip di kedua ujung soket memori, dan pastikan untuk memposisikan takik di keping memori dengan alur yang ditinggikan di soket memori. Klip akan tersentak kembali ke tempatnya jika Anda telah memasukkan kartu memori dengan benar. Memori multi kanal harus dipasang berpasangan dan di lokasi yang tepat agar berfungsi dengan baik. Cari soket berkode warna atau periksa buku panduan pengguna motherboard Anda untuk panduan jika perlu.

Memasang pelat I/O ke motherboard seharusnya mudah. Cukup mengatur posisinya dengan tepat dan mendorongnya dengan kuat ke tempatnya. Tuas logam pada pelat belakang seharusnya sejajar dengan tuas motherboard. Jika tidak sejajar, Anda dapat menyesuaikannya dengan tang lancip. Terkadang pelat I/O sudah prapasang dari pembelian dan jika kasusnya seperti itu, Anda tidak perlu melakukan apa pun.

Dengan pelat I/O sudah dalam keadaan siap, Anda dapat dengan hati-hati menurunkan motherboard Anda ke dalam kotak komputer, sehingga Anda dapat melihat tempat untuk menempatkan riser atau baut peninggi. Baut peninggi memisahkan motherboard Anda dari sisi kotak komputer, tetapi seharusnya Anda masih dapat menyekrup motherboard dengan kuat dalam keadaan baut peninggi terpasang. Jangan mengencangkan berlebihan karena dapat membuat motherboard melengkung.

Sekarang Anda dapat memasang komponen seperti GPU dan media penyimpanan. Tempatkan komponen itu dengan hati-hati pada slot yang sesuai, pastikan komponen itu terposisi dengan baik dan rapat. Drive M.2 mungkin memiliki soket khusus pada motherboard. Jika Anda tidak yakin, lihat buku panduan motherboard.

Manajemen kabel dan membooting PC rakitan baru

Langkah selanjutnya adalah memasang kabel.

  • Pasang kabel data dari drive Anda ke motherboard
  • Pasang kabel daya dari PSU ke motherboard
  • Pasang kabel daya dari PSU ke drive dan komponen lainnya

Manajemen kabel yang baik sering kali menghasilkan aliran udara dan manajemen panas yang lebih baik. Lihat apakah Anda dapat mengamankan kabel agar tidak kusut dan memakan tempat. Hubungkan semua header atau terminal kipas untuk kotak komputer dan CPU ke motherboard, kemudian hubungkan terminal yang tersisa untuk panel depan, USB, audio, dan kontrol daya. Kabel untuk lampu dan tombol kotak komputer juga harus diposisikan.

Saat Anda merakit PC pertama Anda, sebaiknya tunggu sampai Anda menyelesaikan perakitannya sebelum mencoba boot. Ingatlah untuk melepas gelang anti-statis Anda sebelum boot! Biarkan kotak komputer terbuka, sambungkan monitor, dan pastikan semua kipas berputar, terutama kipas CPU. Jika tidak, segera matikan komputer Anda untuk menghindari kerusakan komponennya. Jika monitor menampilkan logo produsen motherboard, Anda mungkin sudah aman dari masalah! Jika tidak, periksa koneksi Anda dan coba lagi.

Langkah selanjutnya setelah boot yang berhasil adalah menyesuaikan BIOS dan mengatur tanggal dan waktu. Setelah langkah itu dilakukan, akan menjadi hal yang mudah untuk menginstal sistem operasi pilihan Anda. Selamat! PC baru Anda siap untuk digunakan!

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1